Sunday, December 26, 2010

(Irsan) The Most Phenomenal Indonesian Fashion Designer

Bahasa Indonesia. Desainer di Indonesia sudah tidak sedikit lagi jumlahnya, banyak desainer-desainer baru, lahir setiap tahunnya. Indonesia kini benar-benar bangun dan mulai menunjukan eksistensinya dalam pergerakan Industri Fashion, dan kali ini saya akan memperkenalkan desainer muda berbakat yang karyanya selalu menjadi masterpiece:

Irsan

  Kalau kita merupakan seseorang yang senang dengan gaya berpakaian yang cenderung (androgini), (maskulin), atau mungkin cenderung (provokativ) dan senang dengan sesuatu yang sifatnya (fantasi) dan berada di garda seberang dari fashion biasanya?, maka Irsan sosok yang mampu merangkum semua itu. Menurutnya,setiap desain yang ia kerjakan merupakan refleksi serta ekspresinya sebagai seorang desainer.
  Menurut lelaki kelahiran Tapanuli Utara, dengan desain, ia mampu mengomunikasikan sesuatu secara presisi. Lelaki ini memiliki kepribadian yang kurang senang menjadi pusat perhatian, namun siapa sangka, siapapun yang memakai karyanya, selalu mendapat apresiasi serta menjadi pusat perhatian, mungkin itu dapat dijadikan alasan, mengapa para pelaku Fashion atau kaum sosialita negeri ini tak jarang memercayakan Irsan sebagai the maker of her/ his style.
   Irsan merupakan lulusan dari Sekolah Tata Busana milik Susan Budiharjo, yang mana kalau kita tahu ,reputasi sekolah fashion yang sudah melanglang buana selama tiga dekade ini sudah tidak diragukan lagi, banyak desainer-desainer papan atas Indonesia lahir dari Sekolah Tata Busana miliknya (Susan Budiharjo).


"Irsan adalah sosok yang bersebrangan dari fashion biasanya
ia sangat gemar melakukan inovasi-inovasi dalam Fashion."

   Karena keberaniannya tersebut, ia lebih mengetengahkan rancangan-rancangannya yang sifatnya fantasi dan tidak realistis, dengan permainan pattern yang diluar batas logika, menjadikan setiap rancangannya berlari kearah "couture" ketimbang "ready to wear". Sayangnya pribadi seperti sosok Irsan jarang kita jumpai di kota-kota besar-- hal itu pula yang kemudian melatar belakangi desainer muda ini untuk lebih memilih tinggal dan berkarya di Bali, menurutnya Bali adalah tempat yang tepat untuknya dalam mengapresiasikan setiap ekspresi dalam karya-karyanya.

Kalau saja semua Desainer memiliki sebuah konsep pemikiran yang sama, mengenai arti sebuah idealisme dalam berkarya dan berekspresi, maka tidak menutup kemungkinan, akan banyak karya-karya yang luar biasa lahir setiap harinya. Namun--tetap tidak menampik, setiap karya yang dibuat pun memang ditujukan untuk dijual, sedangkan kalau kita pikir, sebagai kaum urban yang dinamis dan bermobilitas tinggi, sungguh tidak mungkin kita mengenakan busana "couture" dengan detail yang rumit dan berharga tinggi untuk sekedar pergi ke kantor atau nongkrong di kafe, kita tetap butuh koleksi "ready to wear" untuk kesempatan sehari-hari, oleh karena itu Irsan kemudian memunculkan lini pakaian siap pakai, atau ready to wear serta Tas yang tetap sesuai dengan idealismenya. Go Irsan!!


written by: onlyonky. pict source: google.com


No comments:

Post a Comment