Sunday, December 26, 2010

Apakah Desainer Indonesia Melakukan Hal yang Sama di Setiap Show Mereka?

Bahasa Indonesia. Tadi Pagi  saya membaca sebuah blog fesyen yang bernama "Fashionista.com", didalamnya terdapat salah satu artikel yang menarik mata saya untuk segera membacanya. Artikel tersebut berbicara mengenai kaum selebritas yang memang sengaja diundang, dan turut dibayar untuk duduk dan berada di jajaran kursi depan, atau kerap dikenal dengan sebutan "Front Row."

Fenomena selebritas yang berada di "Front Row" memang bukan hal yang baru dalam sebuah Pagelaran Fashion, bahkan kehadiran kaum selebritas dianggap sebagai bumbu penyedap yang penting dalam show tersebut. Sebenarnya, ada ataupun tidak adanya selebriti dalam Fashion Show adalah sesuatu yang sifatnya relatif, mungkin mereka melihat pertimbangan-pertimbangan serta alasan mengapa "sang masterpiece gaya" menghadirkan mereka di deret awal bangku.

Kehadiran Selebritas di deretan bangku terdepan--Front Row dapat dilihat dari segala macam perspektif. Entah, apa stereotip masing-masing orang, yang jelas fungsi utamanya mungkin semacam bagian dari promosi. Seperti kita tahu, selebriti adalah seorang public figure, yang tentunya segala bibit, bebet, bobot-nya kerap ditiru dan dicontoh para fansnya. Keinginan para fans untuk "meniru sang idola" lah, yang kemudian dibaca oleh para desainer untuk kemudian diracik menjadi sebuah peluang.
Seperti contoh yang sederhana, Rihana, sebagai seorang A-list celebrity, mengapa kerap dihadirkan dalam setiap front row?. Sebab para desainer tahu, dan mereka mengerti bahwa sosok Rihana memiliki jutaan fellow fans dan desainer pun tahu, kalau gaya seorang Rihana pun tak jarang akan ditiru oleh fans-fans nya. Kalau Rihana dihadirkan di Front Row "Chanel" misalnya, maka para penggemar yang menyaksikannya melalui televisi akan melihat seorang Rihana datang ke "Fashion Show" Chanel, dan mereka (penggemar) akan berasumsi bahwa seorang Rihana ialah Loyal consumer sebuah brand Channel, dan ini jelas berimplikasi pada kenaikan demand dari produk Chanel itu sendiri.That's the point!!




Dari "Fashionista.com" saya dapatkan daftar beberapaList selebriti beserta bayarannya tiap kali ia hadir di front row:

(A-List)
Rihanna  ($100,000 bahkan lebih)
Beyonce ($80,000-100,000)
Olsen Twin ($80,000 each)

(B-List)
Blake lively  ($50,000)
Leighton Meester ($40,000)
Gossip Girl cast  ($25000)
  
Ternyata, Fenomena menghadirkan Selebritas dalam "Front Row" juga di adaptasi oleh desainer-desainer dalam negeri kita, Sebut saja para Selebriti dan Socialita yang kerap meramaikan industri fashion kita:

Diana Pungky

Diah Permata Sari

Marini Zumarnis
Olla Ramlan

Vera Abi dan Inna Thomas



written by: onlyonky. Picture source: google

1 comment:

  1. berarti telah terjadi sinergi yang baik antara Fashion desainer dengan public figur kita, maju fashion Indonesia!!

    ReplyDelete